PANCA PRASETYA KORPRI

June 2, 2009 at 6:08 am | Posted in Info | 31 Comments
Tags: ,

lambang-korpriBuat temen-temen yang prajab, sorry baru inget posting, ni dia Panca Prasetya Korpri disertai maknanya sebagai bonus.

PANCA PRASETYA KORPRI

Kami Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia adalah insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjanji :

1. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara.

3. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan.

4. Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia.

5. Menegakkan kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

Makna Panca Prasetya Korpri

Kami anggota Korpri merupakan pernyataan dan janji secara sadar, ikhlas dan penuh tanggung jawab kepada diri sendiri, bagi mereka yang secara sah telah menempuh proses rekruitmen, pendidikan dan pelatihan, pengangkatan serta telah mengucapkan sumpah atau janji dan telah menandatangani ikatan kerja sebagai Pegawai RI. Oleh karena itu, anggota Korpri dapat dipercaya untuk memikul tugas atau jabatan pemerintahan. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Anggota Korpri dengan sepenuh jiwa mengakui bahwa Tuhan Yang Maha Esa adalah Sang Maha Pencipta, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ketakwaan yang diwujudkan ke dalam berbagai bentuk amal dan ibadah merupakan suatu pernyataan terima kasih yang luhur kepada Sang Maha Pencipta.

a. Prasetya Pertama Setia merupakan sikap batin. Dengan demikian setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan sikap batin anggota Korpri dan kesanggupannya mewujudkan dan mengamalkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Pada umumnya kesetiaan timbul dari pengetahuan dan pemahaman atas keyakinan yang mendalam terhadap sesuatu.

b. Prasetya Kedua Setiap anggota Korpri menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara. Menjunjung tinggi adalah mengangkat dan meletakkan sesuatu di atas kepala dengan tujuan menghormati atau menghargainya, kehormatan, menyangkut martabat, harga diri, nilai-nilai keluhuran seseorang atau sesuatu yang menjadi sumber keberadaannya. Dengan demikian, pengertian menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara ialah menjunjung tinggi norma-norma yang hidup pada bangsa dan negara Indonesia. Memegang teguh rahasia. Rahasia dapat berupa rencana, kegiatan atau tindakan yang akan, sedang atau telah dilaksanakan. Rahasia dapat menimbulkan kerugian atau bahaya apabila diberitakan kepada atau diketahui oleh orang yang tidak berhak. rahasia dapat berupa dokumen tertulis, seperti surat, notulen rapat, peta, dan dapat pula berupa keputusan atau perintah lisan atau rekaman suara dari pejabat yang berwenang. Rahasia ada yang bersifat sangat rahasia, rahasia, atau terbatas, ada yang kerahasiaannya terus menerus, ada rahasia negara dan rahasia jabatan. Rahasia Negara adalah rahasia yang ruang lingkupnya meliputi seluruh atau sebahagian besar kepentingan negara dan dibuat oleh pimpinan tertinggi negara. Rahasia Jabatan ialah rahasia mengenai atau yang ada hubungannya dengan instansi tertentu dan dibuat oleh pimpinan instansi yang bersangkutan. Karena jabatan atau pekerjaannya, pegawai RI yang menduduki jabatan tertentu mengetahui rahasia negara atau rahasia jabatan. Karena setiap kebocoran rahasia selalu menimbulkan kerugian atau bahaya, hendaklah menjadi kewajiban pegawai RI yang bersangkutan untuk memegang teguh rahasia negara atau rahasia jabatan yang diketahuinya atau yang dipercayakan kepadanya. Kewjiban memegang suatu rahasia berlaku terus menerus baik sewaktu masih aktif bekerja maupun sesudah pensiun. Memegang teguh rahasia, selain merupakan etik, juga merupakan kewajiban hukum yang terdapat di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

c. Prasetya Ketiga Kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan bergantung pada kualitas dan ketangguhan pegawai RI. Oleh sebab itu pegawai RI harus melaksanakan kebijaksanaan pemerintah dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan harus memahami kebijaksanaan pemerintah dan menguasai peraturan perundang-undangan menurut bidangnya masing-masing. Setiap anggota Korpri mempunyai kedudukan dan peranan sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat. sebagai Abdi Negara hendaklah bekerja dengan ikhlas dan sungguh-sungguh menurut bidangnya masing-masing dalam rangka mencapai tujuan negara dan harus selalu mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Sebagai Abdi Masyarakat harus selalu memberikan layanan secara profesional yang sebaik-baiknya untuk memenuhi aspirasi dan kepentingan masyarakat menurut bidangnya masing-masing dengan cara mempercepat pemberian layanan yang diperlukan masyarakat dan memberikan penjelasan yang diperlukan masyarakat tanpa pamrih.

d. Prasetya Keempat Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan efek sinergi dari saling ketergantungan antara berbagai unsur di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam rangka memelihara/memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, setiap anggota Korpri harus berusaha, antara lain : 1) Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupannya sehari-hari. 2) Meningkatkan kerukunan hidup antar umat beragama dan kerja sama di antara rakyat Indonesia yang memeluk agama yang berbeda-beda dan menganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 3) Menghormati adat istiadat dan kebiasaan golongan masyarakat. 4) Meningkatkan kepedulian dan kesetiakawanan sosial, khususnya terhadap lapisan masyarakat yang tertinggal di dalam pembangunan. Kesetiakawanan Korpri merupakan sikap batin dari mereka yang merasa senasib sepenanggungan di dalam mencapai misi bersama yang diembannya. Setiap anggota Korpri harus memelihara kesetiakawanan Korpri. Setia kawan merupakan sikap positif dari mereka yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai persamaan cara di dalam mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kerjas ama personal, fungsional, profesional di antara anggota Korpri.

e. Prasetya Kelima Berjuang menegakkan/meningkatkan mengandung pengertian kesediaan untuk selalu berbuat sesuatu yang lebih baik secara terus menerus. Kejujuran bagi anggota Korpri ialah ketulusan hati di dalam melaksanakan tugasnya dan tidak menyalah gunakan wewenang yang diberikan kepadanya. setiap anggota Korpri harus bersikap dan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, adil dan bersemangat untuk kepentingan negara. Kesejahteraan merupakan salah satu tujuan nasional negara kita. Oleh karena itu, segenap anggota Korpri harus turut serta aktif dan dinamis di dalam meningkatkan kesejahteraan umum demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pembangunan kesejahteraan pegawai RI dilakukan sebagai bagian yang menyeluruh dari pembangunan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Profesionalisme mengandung pengertian kesanggupan seseorang dalam menghayati, menguasai, mengerjakan suatu konsep/gagasan atau tugas yang dihadapi atau ditugaskan kepadanya. Disamping ilmu pengetahuan dan kemampuan, anggota Korpri hendaklah mempunyai kreativitas yang tinggi. Kreativitas mengandung arti kesanggupan atau keahlian seseorang dalam melahirkan berbagai gagasan, ide, konsep yang tepat, tepat guna dan hasil guna untuk keperluan atau penyelesaian sesuatu secara profesional.

Maaf, sumbernya lupa.

31 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalo prajabatan, wajib hukumnya bisa menyebutkan Panca Prasetya KORPRI… habis Prajabatan, seharusnya bisa mengamalkannya…

    • wah kalo yang belum prajab gimana pak arya??? tidak hafal n tidak mengamalkan??? heheheheh

  2. Pertamax … Salam kenal .. :)

    • salam kenal juga….

  3. inget waktu prajab, bangga menjadi kelompok juara 1 dalam pengucapan panca prasetya korpri.. hehehe

  4. Hallo..apa kabar..salam kenal, saya alumni FK UNUD 1988. Sebagai abdi negara kita memang harus selalu setia bela negara. Terimakasih atas koreksinya dalam Memori Manis Dokter Alumni Udayana. Semoga kita terus bisa berkiprah, berbagi kata bersama, untuk kejayaan Udayana. Salam persahabatan dari Kendari, Sulawesi Tenggara.

    • Salam kenal juga . . .
      Kebetulan disini ada dokter muda psikiatri yg stase sehingga tausedikit perkembangan nama2 angkatan berikutnya . . .

  5. kebetulan nih…
    akhir bulan mau prajabatan….
    aq emank cari teks Panca Prasetia korpri…
    mau hafalin sblm disuruh….n smg aq bisa mengamalkannya,,,,
    sekali lg thanks ya… n lam kenal….

  6. sekian lama menunggu prajabatan yang di tunda terus akibat ulah sebagian teman2 yang tidak bertanggung jawab menjaga citra KORPRI, namun di dada ini tetap terpatri semangat juang sebagai abdi negara dan abdi masyarakat….

  7. Slamat ja deh yg lg Prajab moga mnjadi pelayan masyarakt yg jujur mngdpnkn kpntngn publik

  8. Jadi inget waktu prajab, waktu outbond disuruh nyebutin yang ke tiga, aku tidak bisa… lha wong yang kesatu dua dst aja ndak apal…. wkkk

  9. Thanks ya, semoga bermanfaat.. krn besok mo berangkat Prajab.

  10. lebih terbaru yang mana ya, panca prasetya korpri atau panca prasetya korpri

  11. Pada apel pagi, Bapak Walikota Tangerang sering memberikan kesempt kepada peg yg hafal Panca Prasetya KORPRI utk maju dan mendapat hadiah umroh..sesuai visi Kota Tangerang mewujudkan msy yg Akhlakul Karimah. Smg sy termasuk yg beruntung..sakniki dereng apal, jadi malu.Yg benar kata2 “berjanji” seharusnya diucapkan atau cukup dalam hati?

  12. Nanggung bgt kalau cuma di tulis FB, sekalian difotocopy aja maknanya trus diberikan pas mau naik bis di surya graha….he3…………… bukan begitu

  13. thanks ya mas buat posting panca nya…..mau tak apalin coz rncana kloter keberangkatan saya….hehehehe

  14. maturnuwun pak… sangat membantu, dah lama cari2, persiapan mo prajab ni

  15. dak..dik..duk…takut giliran ditunjuk hapalin panca malah ga hapal…hehe… oh iya..gimana yah klo ibu menyusui yg ikut prajab..apa ada kebijakan khusus ga..??

  16. thank’s panca prasetya Korprinya, aq emang lg butuh banget buat sangu prajab… hehehehe

  17. Tks…postingnya
    Panca pRasetya korpri…udah hafal sih…
    Tapi untuk makna nya…sangat membantu..krn selama ini cuma menebak – nebak aj…
    4 jam lagi giliran Prajabku…
    SKB cawas Klaten…Kami datang..

  18. kalau ndak dilaksanakan sesuai janji berarti ndak beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berat juga lo jadi PNS, jangan janji tinggal janji,

  19. bangganya jadi PNS…………………!!!!
    jangan lupa untuk tidak KORUPSI……………………..

  20. trims……buat posting panca nya…

  21. thanks for panca prasety korpri nya
    aku mau prajab tgl 15 juni ini

  22. wahhh….oke banget.
    cs aq mau prajab besok…
    jaya PNS…..

  23. Good, itulah PNS.

  24. Semoga ke-5 janji tsb tdk hanya sekedar ucapan yg segera hilang dan lupa setelah diucapkan tetapi benar2 dihayati dan diamalkan dlm menjalankan tugas sbg PNS dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jwb, baik secara individu maupun sosial dlm bernegara. Maju terus KORPRI!

  25. thanks……untuk publise panca prasetyanya,butuh nih…mo prajab..
    Mo dihapalin n InsyaAllah diamalin.amiin.

  26. Terimakasih untuk postingan Panca Prasetya Korpri.
    Saya sudah jadi pns, tp masih belum hafal, jadi malu. tapi tak ada kata terlambat.
    Dan semoga semua yg komment di sini berkomitmen dengan Panca Prastya Korpri sehingga jadi PNS yang bersih dan memperbaiki citra PNS di masa mendatang.

  27. thanks for you

  28. […] diikuti seluruh peserta upacara. Lalu pembacaan Pembukaan UUD’45. Dilanjutkan pembacaan janji Prasetya KORPRI diikuti seluruh peserta upacara. Sesudahnya beberapa pengumuman dan ditutup dengan […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: