Otomikosis, jamur yang tumbuh di telinga

April 19, 2010 at 11:55 am | Posted in Health | 38 Comments
Tags: , , , , , , ,

Otomikosis adalah infeksi jamur pada liang telinga luar yang ditandai dengan radang, gatal, rasa tidak nyaman pada telinga. Penyakit ini terutama terjadi di daerah tropis dan berudara panas. Sering juga disebut sebagai  Singapore ear, Hongkong ear, tropical ear, hot weather ear atau otitis eksterna jamur akut.

Telinga luar merupakan bagian telinga yang terletak di sisi luar gendang telinga yang terdiri dari daun telinga dan liang telinga luar (kanalis auditorius eksternus). Liang telinga memang merupakan tempat yang ideal untuk tumbuhnya organisme saprofit seperti jamur tertentu karena liang telinga dihubungkan dengan udara luar oleh suatu lubang yang sempit, sehingga dapat berfungsi sebagai tabung biakan dan merupakan media yang sangat baik untuk pertumbuhan jamur.

Otomikosis terutama disebabkan oleh jamur spesies Aspergillus dan juga disebabkan spesies Candida. Aspergillus niger merupakan spesies jamur yang paling sering menimbulkan infeksi. Infeksi campuran antara bakteri dan jamur juga sering terjadi.

Terdapat beberapa faktor yang memudahkan timbulnya otomikosis, yaitu :

  1. Terjadinya perubahan pH epitel liang telinga yang semula bersifat asam menjadi bersifat basa.
  2. Temperatur dan kelembaban udara.
  3. Trauma, kebiasaan mengorek telinga dengan bahan yang kurang bersih, atau mengorek telinga terlalu keras sehingga menimbulkan goresan pada kulit liang telinga.
  4. Korpus alienum (benda asing) dalam telinga seperti air, timbunan serumen atau serangga.
  5. Kelainan kongenital, yaitu bentuk liang telinga yang sempit dan melekuk lebih tajam sehingga menghalangi pembersihan serumen atau menyebabkan kelembaban yang tinggi pada liang telinga.
  6. Penggunaan antibiotika dan steroid yang lama pada telinga.
  7. Imunnocompromised condition.
  8. Penyakit kulit seperti dermatitis seboroik dan psoriasis.

Gejala awal otomikosis adalah perasaan penuh pada telinga dan rasa gatal pada liang telinga. Kadang-kadang juga ditemukan adanya cairan. Penyumbatan liang telinga dapat menyebabkan penurunan pendengaran dan mendengar bunyi mendenging (tinitus). Pada pemeriksaan otoskopi menunjukkan adanya kumpulan kotoran (debris), tampak meradang (eritema) dan pembengkakan liang telinga. Jika penyebabnya adalah Aspergillus niger sering ditemukan adanya spora berwarna kehitaman.

Penatalaksanaan terpenting adalah menghilangkan faktor predisposisi, penggunaan antijamur dan menjaga kebersihan liang telinga.

38 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. membisasakan diri dengan pola hidup bersih itu kunci dari segalanya… trima kasih telah berkunjung bli…salam kenal

  2. Edukasi yang benar tentang cara membersihkan telinga penting diingatkan kepada pasien.

  3. Kasus seperti ini sudah agak jarang lagi ditemukan di puskesmas, tapi sangat perlu disampaikan kepada penderita dengan keluhan telinga.

  4. Menurut pengalaman klinis, pasien khususnya anak-anak yang tinggal didaerah dengan lingkungan kurang higeinis atau mengalami kurang gizi, perlu mendapatkan perhatian spesial dalam penanganannya.

  5. Semoga info ini bisa dipraktekkan bersama, khususnya untuk melakukan pencegahan kekambuhan penyakitnya.

  6. Trimaksh,infonya bagus & bermanfaat.
    Kalau membersihkan telinga dg cotton bud yg dibasahi dgn air
    Dpt menyebabkn tumbuhnya jamur/tdk?

    • Terima kasih sudah mampir….
      Timbulnya jamur di telinga sangat ditentukan kondisi liang telinga dan faktor2 luar yang menggangunya….
      Saran saya jangan sering2 membersihkan liang telinga karena serumen (kotoran telinga) berfungsi sebagai pelindung telinga yang lebih dalam dab menjaga kelembaban telinga
      Kebiasaan mengorek telinga sendiri dapat mendorong masuknya serumen lebih dalam sehingga menumpuk dan menimbulkan sumbatan.

  7. dok, telinga saya sakit ni, trus udah diberi obat n tetes telinga tapi msaih tersa sakit. konsumsi obat masih 3 hari.kira2 obat yang baik untuk ne apa?penyebabnya mulai tersa ketika saya membersihkan telinga setelah 2 hari.
    terimakasih sebelumnya dok…..

  8. Sebelum seorang dokter memutuskan memberikan suatu obat tentunya memerlukan wawancara dan pemeriksaan terlebih dahulu
    Nyeri pada telinga dapat disebabkan oleh adanya trauma atau infeksi baik pada telinga luar maupun tengah
    Jadi saran saya, periksakan diri anda ke dokter bila masih ada keluhan atau memberat segeralah kontrol untuk menghindari terjadinya komplikasi lebih lanjut

  9. makasih postingnya. kudu lebih memperhatikan kebersihan telinga…

    • pastilah, karena bersih pangkal sehat….
      terima kasih telah berkunjung

  10. salam dok,
    nice inpo dok, jadi dapat ide nyari videonya dan ditambahin ke blog saya.

  11. Dok, saya mau tanya.
    Anak saya kenzie 3thn bermasalah dengan telinganya. sering gatal, berair dan berbau. penyakit ini sudah ada 6bln yang lalu dan sempat ke Dokter THT, tapi tidak tuntas. Maksudnya, karena anak saya sudah sembuh (tidak gatal, berair dan berbau lagi), saya tidak kembali ke Dokternya.

    Namun setelah 6 bulan, gejala sama timbul lagi.
    Saya jadi takut ada apa-2. Btw. anak saya kalau dipanggil juga respond.nya kadang lama. Saya sendiri ga tau apakah dia sengaja (pura-2 ga denger) atau memang ga dengar.

    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  12. telingaku gatal jika minum obat sembuh,tapi sesudah itu kambuh lagi…

  13. Terima kasih. Benar-benar menambah ilmu tentang kesehatan bagi saya…

  14. Telinga kiri saya kadang muncul suara bergemuruh dan terasa nyeri, apa gara-gara sering dibersihkan dengan cotton buds? thanks

  15. “….Kalau membersihkan telinga dg cotton bud yg dibasahi dgn air
    Dpt menyebabkn tumbuhnya jamur/tdk?…” Comment by arianti — May 18, 2010 #
    bu arianti, serumen/ tahi telinga akan mengembang jika terkena air…

    salam kenal, dok.
    blog nya saya link ya, dok. mohon link balik nya….
    terimakasih sebelumnya, dok…

  16. dok apa obat jamur di telinga,telinga ini jamuran di dalamnya dan lecet karna di korek2?

    • Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu

  17. saya punya kakak yang telinganya selalu keluar kotoran telinganya, dan tidak berhenti alias terus menerus…sehingga setiap hari harus dibersihkan…kotorannya berbentuk putih dan lembek,jika telat di bersihkan akan mengeras sehingga mengurangi pendengaran…
    tolong dok apa obatnya dan solusinya bagaimana…karena dia sudah ke dokter tapi tidak sembuh juga…terima kasih sebelumnya…

  18. makasih penjelasannya. ane bisa jadi waspada.

  19. Dokter jika liang telinga saya sudah terkena jamur, obat apa sebaiknya yang saya pakai? Tks

  20. dok, 2 minggu yg lalu telinga saya sakit, stlah saya periksa dokter THT katanya ada jamurnya,stelah dibersihkan di beri salep dan slama 3 hari g boleh kena air, 3hari kemudian saya kontrol,katanya dokter sdh brsih,tp seminggu kemudian saya mengalami gatal2 ditelinga lg, sbenar ada g obat yg bsa saya beli diapotek tanpa saya hrs ke dokter untk penyakit jamur telinga ini?tks

    • ,. sma sprti yg sya alami,.,. trus bagaimana Anda mengobatinyaa????? bsa sembuh total?tidak??

  21. Sepertinya ini dia jenis penyakit yg sedang saya derita di telinga kanan dan kiri. Barusan dari THT, kata dokter kuncinya jangan kena air kalau mandi karena bisa tambah subur jamurnya. Kata salah satu dokter senior-nya, dokter yg menangani harus membersihkan dulu lubang telinga sampai benar-benar bersih sebelum melakukan penanganan.

    Saya diberi obat minum dan salep, namanya sama-sama “ketoconazole”. Katanya sih efektif utk jamur di telinga & tidak mahal. Semoga saja memang efektif dan cepat sembuh. Saya masih harus kontrol 5 hari sekali. Saran saya, untuk semua keluhan telinga memang wajib ke klinik THT, jangan dikorek-korek sendiri. Semoga bermanfaat :)

    • hasil nya gmn? obatnya ampuh g? kmrn aq ampe abiz 200 lbh buat obat antibiotik nya. dan skrg kambuh lg.

  22. Pak telinga saya sudah sebulan ini mengalami masalah dengan berdengung karena di dalamnya ada luka. Keluar cairan berbau busuk dan terdapat kotoran seperti jamur berwarna hitam. Obat apa kira2 yang cocok untuk mengobati masalah saya ini?

    Saya sudah 2 kali ke THT katanya tidak boleh kemasukan air, tapi telingaku pernah kemasukan. Saya bersihkan dengan cutton but namun tidak juga sembuh, sedangkan kalo ke THT selalu memakai alat penyedot yg membuat telingaku terasa nyeri.

  23. nama obatnya apa ya? aq mo beli

  24. mantap ni informasinya

    • Pak telinga saya sdh 2 bln lebih tumbh jmur (spora wrna hitam) sy sdh 5 kali ke THT tapi belum smbuh juga mhn sarannya dok.

  25. dok, saya mau tanya ..awalnya telinga sebelah kanan saya berdenging dan rasanya seperti ada yg menyumbat/mengganjal dan terasa makin lama makin terasa sakit kalo ditekan2 kemudian saya periksa ke dokter tht dan ternyata di telinga saya memang ada kotoran berwarna putih kemudian dibersihkan dan diberi obat anti biotik dan obat tetes.. setelah dibersihkan dan diobati memang telinga terasa agak enakan walaupun masih terasa berdenging tp selang seminggu kemudian kenapa kondisi telinga saya kembali seperti semula terasa sakit dan kotoran yg berwarna putih pun menumpuk timbul kembali. .. mohon solusinya, dok ?thxs

  26. Dokter telinga kanan saya setiap hari bunyi seperti air yang meluap juga pendengaran tidak begitu jelas Dan yang kiri setiap hari gatal apa penyebabnya Dan apakah saya masih bisa normal kembali pendengaran saya

  27. dok,.telinga say ada jamurnya. sya sudah ke THT,.. sdh 2 org dokter yg mengobati saya,.. tapi sering ulang, ulang lagi. tdk adakah pengobatan yg tidak memakan waktu yg lama, seperti yang sudah saya jalani,..

  28. ya sama saat ini aq sedang menjalankan rawat jalan karena penyakit ini, selama 2 kali 1 minggu aq kontrol ke RS. karena sifat jamur yang bandel dan agak sulit diberantas saya rutin pergi ke RS, terkadang karena jengkel kok lama sekali sembuhnya saya tanya ke dokternya “dok, kapan sembuhnya” dokternya hanya bilang “secepatnya”, ya gitu dech………kalo mau berhenti rawat jalan jamurnya belum hilang total.
    hati2lah sobat kalo kena penyakit ini tidak boleh berhenti rawat jalan karena jika berhenti maka penyakit ini akan datang lagi dan lagi. UKE

  29. Dok, saya terus-menerus kena otomikosis ini bahkan 2 minggu sekali harus dibersihkan. Apa solusinya bila penyebabnya telinga saya sering lembab. Penyebab sering lembab apakah karena Kelainan kongenital ? Bila karena Kelainan kongenital, apakah ada obatnya ?

  30. kalau tlinga saya ini terdapat luka seperti gatal-gatal obat yang baik apa dok. terima kasih

  31. Saya sudah alami ,rasanya ƍä enak …..

  32. bagus sekalih artikelnya membantu terima kasih

    http://goo.gl/9QVl15


Leave a Reply

Get a free blog at WordPress.com | Theme: Pool by Borja Fernandez.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

