Kepala nyut-nyut, bisa jadi migren

April 24, 2009 at 2:29 am | Posted in Health | 2 Comments

migren3Saat ini kepala anda terasa nyeri berdenyut? Bisa jadi itu migren. Kenali gejalanya dan lakukan penanganannya.

Mingren adalah nyeri kepala berdenyut yang hebat dan berulang, yang biasanya mengenai salah satu sisi kepala namun kadang dapat menyerang kedua sisi kepala. Nyeri bisa timbul mendadak dan bisa didahului atau disertai gejala-gejala visual (penglihatan), neurologis (persyarafan) atau saluran cerna.

Migren dapat terjadi pada anak-anak sampai dewasa dimana pada dewasa cenderung menyerang perempuan daripada laki-laki. Wanita hamil pun tidak luput dari serangan migren yang biasanya terjadi pada awal masa kehamilan. Migren biasanya jarang terjadi setelah usia 40 tahun. Resiko mengalami migren semakin besar pada orang yang mempunyai riwayat keluarga yang juga migren.

Migren terjadi jika arteri yang menuju ke otak menjadi sempit (konstriksi, mengkerut) dan kemudian melebar (dilatasi), yang akan mengaktifkan reseptor nyeri di dekatnya.
Apa yang menyebabkan pembuluh darah tersebut mengkerut dan melebar, tidak diketahui. Tetapi kadar serotonin (bahan kimia yang berperan dalam komunikasi sel saraf/neurotransmiter) abnormal rendah bisa memicu terjadinya konstriksi pembuluh darah

Sekitar 10-30 menit sebelum sakit kepala dimulai (suatu periode yang disebut aura atau prodroma), gejala-gejala depresi, mudah tersinggung, gelisah, mual atau hilangnya nafsu makan muncul pada sekitar 20% penderita. Penderita yang lainnya mengalami hilangnya penglihatan pada daerah tertentu (bintik buta atau skotoma) atau melihat cahaya yang berkelap-kelip. Ada juga penderita yang mengalami perubahan gambaran, seperti sebuah benda tampak lebih kecil atau lebih besar dari sesungguhnya.
Beberapa penderita merasakan kesemutan atau kelemahan pada lengan dan tungkainya. Biasanya gejala-gejala tersebut menghilang sesaat sebelum sakit kepala dimulai, tetapi kadang timbul bersamaan dengan munculnya sakit kepala. Pada penderita yang memiliki aura, pola dan lokasi sakit kepalanya pada setiap serangan migran adalah sama. Migren bisa sering terjadi selama waktu yang panjang tetapi kemudian menghilang selama beberapa minggu, bulan bahkan tahun.

Jika tidak diobati, serangan migren bisa berlangsung selama beberapa jam atau hari. Pada beberapa penderita, sakit kepalanya ringan dan bisa dihilangkan dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas. Tetapi migren seringkali hebat dan membuat penderita menjadi tidak berdaya, terutama jika disertai dengan mual, muntah dan silau mata (fotofobia). Pada kasus seperti ini, biasanya selain obat pereda nyeri, penderita juga membutuhkan istirahat dan tidur untuk mengurangi sakit kepalanya.

Obat yang paling banyak digunakan adalah ergotamin suatu vasokonstriktor), yang menyebabkan mengkerutnya pembuluh darah sehingga membantu mencegah pelebaran pembuluh darah dan menyebabkan nyeri. Kafein dosis tinggi juga membantu mencegah melebarnya pembuluh darah dan seringkali diberikan bersamaan dengan obat pereda nyeri atau ergotamin. Obat-obat baru (misalnya eletriptan, naratriptan, rizatriptan, sumatriptan dan zolmitriptan) berfungsi meningkatkan efek serotonin. Obat-obat ini lebih efektif daripada aspirin atau asetamonofen, tetapi harganya lebih mahal. Ergotamin dan obat-obat baru bisa berbahaya dan tidak boleh digunakan melebihi yang diresepkan.

Tips mengatasi serangan migren :

  1. Kenali dan hindari hal-hal pemicu serangan migren.
  2. Beristirahatlah dalam ruangan yang nyaman, tenang dan gelap.
  3. Kompres dingin pada bagian kepala yang sakit.
  4. Minum obat penghilang rasa sakit.
  5. Bila keluhan berlanjut, segera hubungi dokter anda.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalau boleh usul, mungkin bisa ditambahkan bedanya sakit kepala lainnya sama migren?

  2. Terima kasih usulnya ato mungkin TS mau menambahkan biar rame?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: