Gate Ball tidak hanya untuk lansia

April 30, 2009 at 4:29 am | Posted in Sport | 13 Comments

kartun-gb

G

ate Ball mungkin masih asing terdengar. Permainan ini berasal dari Jepang dan mulai berkembang pesat di Bali. Tahun ini pun direncanakan di pertandingkan pada Pekan Olah Raga Provinsi Bali.

Gate ball dicetuskan di Hokaido, Jepang pada tahun 1947 oleh Eiji Suzuki.Pemainan ini menyebar dengan pesat dan di Bali sendiri sudah berkembang sejak 14 tahun yang lalu. Di Jepang, gate ball dimainkan oleh para lansia, sedangkan di Bali selain lansia, remaja juga banyak tertarik untuk memainkannya.

Permainan gate ball itu sendiri mirip dengan golf, namun bedanya tidak memakai lubang tetapi gawang (gate) yang harus dilewati. Pemain gateball memasukkan bola ke tiga buah gawang kecil dan sasaran akhirnya adalah sebuah tonggak (goal pole). Tiap game berdurasi 30 menit dan terdiri atas dua team (team merah dan putih). Tiap team beranggotakan lima pemain dimana masing-masing pemain memegang sebuah bola. Team merah (bola bernomor ganjil) memukul bola terlebih dahulu lalu diikuti team putih (bola bernomor genap) sesuai urutan nomor bola. Pemenang adalah team yang memperoleh nilai tertinggi.

Berminat? Temen-temen bisa datang dan mencobanya tiap Sabtu sore di lapangan gate ball Gedung DPRD Bali Renon.

13 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalau ke Gedung DPRD Bali Renon itu menghubungi siapa Di? Emang alat-alat buat main gate ball itu apa aja? Trus itu harus beli ya? Oya, satu lagi… di Renon kalau saya pengen ikut maen, gratis Di?🙂 peace

  2. Tenang aja bro. Alat-alat sudah tersedia dan gratis, dipinjam tapi lho, karena hari Sabtu waktu latihan rutin buat UKM Gate Ball Unud. Nanti klo tertarik masuk club, baru bayar. . .Ibarat narkoba, nyoba gratis, ketagihan bayar, hahaha

  3. nice site ..
    visit me back ..🙂

  4. numpang tanya nih? kalau mau beli stick gateball ada dimana?.. udah dicari disekitar alat2 sport dijkt tidak ada yang jual..

    • memang sangat jarang toko2 sport yang menjual stick gateball, ato boleh di bilang ga ada yang jual, mungkin karena olahraga ini belum populer
      untuk mendapatkannya anda bisa menghubungi asosiasi gateball di kota anda
      bila belum berhasil juga mendapatkannya, saya bisa bantu kebetulan teman saya menjual alat perlengkapan gateball (stick, bola, timer), bila tertarik silakan hubungi saya melalui email.

      • Selamat pagi , mohon tanya .. kalau saya mau membeli perlengakapan gateball , dapat menghubungi nya dimana ? terima kasih banyak.

  5. Mas Yudhine, ma’af nih nyelonong….
    Saya baru menyukai jenis OR Gateball ini bisa minta info mengenai teman Anda yg menjual alat perlengkapan gateball tsb? saya tidak tau email Anda, mohon info melalui email saya. terima kasih.

  6. salam kenal,

    mas yudhine, mohon info tentang siapa narasumber yang bisa saya wawancara untuk keperluan penulisan ttg olahraga ini di majalah saya. yang di jakarta ya mas….

    tku so much!

    • terima kasih sudah singgah mbk risma, salam kenal
      Untuk di jakarta sudah ada beberapa klub, namun untuk alamat jelasnya nanti saya tanyakan dulu ke pengurus gateball bali
      Bila anda tertarik tentang gateball, kunjungi http://gateball.wordpress.com/, ada berbagai info tentang olah raga gateball utamanya di bali . . .

      • ur welcome Mas. iya, saya sudah lihat website-nya. lengkap dan jelas. thank God!

        Aniwei, seandainya saya ambil foto atau gambar di situ, ijinnya ke siapa/mana ya Mas? Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saja di kemudian hari. So, harus kulo nuwun gitu deh. (bener gk sih bhs Jawa-nya? hehee…)

        tapi saya tetap butuh kontak yang di Jakarta ya Mas, karena tulisan/artikel saya harus disertai quote dari narasumber (harus ada wawancara), baru deh dianggap sah!

        btw, bolekah minta nomer kontak Mas Yudhien? So, saya bisa berkomunikasi scr ‘langsung’. kirim ke email saya aja. Klo bole lho…

        tku so much

  7. silakan dikopi aja asal diisikan sumbernya . . .
    klo ada yg kurang jelas bisa lewat email : yudhine@gmail.com
    terima kasih

  8. Berapaan harga stick gate ballnya ya ???


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

