Urtikaria karena makanan

May 14, 2009 at 4:06 am | Posted in Health | 2 Comments
Tags: ,

alergiMakananUrtikaria merupakan reaksi pembuluh darah (vaskular) kulit yang ditandai oleh edema (bentol atau bengkak) setempat dengan berbagai bentuk, disertai atau tanpa eritema (kemerahan), dengan distribusi lokal atau menyeluruh, dan biasanya disertai gatal.

Urtikaria dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satu diantaranya adalah makanan termasuk diantaranya bahan tambahan makanan, baik berupa pengawet makanan, pewarna makanan, penyedap makanan, maupun bahan tambahan makanan lainnya. Umumnya urtikaria yang terjadi bersifat akut, dan lebih sering diderita oleh anak-anak dan orang-orang yang memiliki riwayat kecenderungan alergi (atopik).

Alergen penyebab urtikaria ini terbanyak terdapat pada protein, yang terdiri dari sejumlah asam amino dan diikat satu sama lain oleh peptide, dan sebagian besar tahan terhadap pemanasan, asam lambung dan enzim protease.

Urtikaria dapat berlokasi dimana saja di seluruh bagian tubuh. Klinisnya berupa bentol atau bengkak di permukaan (edema superfisial) pada pusatnya dikelilingi oleh kemerahan (eritema) yang datar atau tidak meninggi dengan batas tegas, kadang-kadang bagian tengah tampak lebih pucat dan selalu disertai gatal.

Diagnosis urtikaria yang disebabkan oleh makanan ditegakkan dengan anamnesis yang teliti dan pemeriksaan klinis yang cermat. Diet eliminasi dan provokasi diperlukan untuk memastikan penyebab urtikaria. Uji kulit “Prick” dan pemeriksaan in vitro (Radioallergosorbent Test = RAST) tidak bermanfaat banyak dalam menegakkan diagnosis.

Urtikaria perlu dibedakan dengan beberapa penyakit, antara lain eritema multiforme, gigitan serangga, erisipelas dan dermatitis kontak.

Penatalaksanaan terbaik adalah dengan mengidentifikasi dan menghindari makanan yang berperan sebagai penyebab urtikaria, diantaranya dapat dilakukan dengan diet eliminasi dan provokasi. Pengobatan simtomatis juga diperlukan, seperti anti histamin, dan bedak atau bedak kocok untuk pengobatan topikal. Prognosis urtikaria makanan akut umumnya lebih baik daripada yang kronis.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya menderita bentol2 kecil di sekitar ketiak dan dada, rasanya seperti ditusuk2 dan gatal, berwarna merah, bentol kecil, dan jumlahnya banyak ,itu penyakit apa ya?cara nyembuhinya gimana?ada obatnya tidak? dari hari ke hari makin banyak bentol2 kecil yang merah dan gatal di tubuh saya,thanks mas,…

    • @kira
      sangat sulit saya menyatakan penyakit yang anda maksud karena saya harus memeriksanya terlebih dahulu
      sebaiknya anda konsultasi langsung dgn dokter pilihan anda secara langsung
      thx, semoga lekas sembuh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: