Kapalan dan mata ikan buat tidak pede

June 30, 2009 at 3:40 am | Posted in Health | 5 Comments
Tags: , , ,

KulitSuatu hari di tempat praktek, sorang pengantar pasien tampak ragu saat akan berjabat tangan.  Ternyata ada kapalan di telapak tangannya yang membuatnya hilang percaya diri ketika akan bersalaman.

Kulit tersusun atas 3 lapisan yaitu epidermis (paling luar), dermis dan subkutis. Tiap lapisan tadi tersusun lagi atas lapisan-lapisan yang terdiri atas berbagai sel. Lapisan terluar dari epidermis sekaligus lapisan terluar dari kulit adalah stratum korneum (lapisan tanduk). Gesekan dan atau tekanan yang terus-menerus akan mengakibatkan terjadinya penebalan (hiperkeratosis).

Kapalan dalam bahasa medis disebut kalus sedangkan mata ikan disebut clavus, keduanya merupakan bagian dari hiperkeratosis. Gejalanya kulit menebal, teraba keras dan agak menonjol. Pada mata ikan disertai rasa nyeri.

Apa bedanya? Kapalan hanya terjadi di permukaan kulit saja, tanpa disertai rasa nyeri, biasanya disebabkan oleh gesekan yang berulang-ulang. Sedangkan mata ikan terbentuk pada lapisan kulit yang lebih dalam (lapisan dermis) sehingga menimbulkan rasa nyeri dan biasanya disebabkan oleh gesekan dan penekanan yang terus-menerus.

Penyebabnya? Semua kondisi yang menimbulkan gesekan dan tekanan yang berulang tergantung dari lokasi kelainannya. Kapalan sering terjadi pada telapak tangan, jari tangan, telapak kaki, mata kaki dan lutut sedangkan mata kan lebih sering di telapak kaki dan ujung jari. Pada kaki biasanya disebabkan penggunaan sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar dan kebiasaan yang tidak menggunakan kaos kaki. Pada tangan sering akibat mengendarai motor atau bekerja menggunakan alat berat tanpa memakai sarug tangan. Bersila dalam waktu lama dapat membentuk kapalan di mata kaki sedangkan bersimpuh dalam waktu lama dapat membentuk kapalan di lutut.

Penanganannya? Cara pertama yaitu menyingkirkan faktor penyebabnya misalnya dengan pemakainan sepatu yang sesuai ukurannya, penggunaan kaos kaki dan sarung tangan dan menghindari posisi yang mengakibatkan tekanan dalam waktu yang lama. Penggunaan krim keratolitik untuk mengurangi penebalan biasanya memerlukan waktu yang lama (berbulan-bulan) dan terkadang hasilnya kurang memuaskan terutama untuk mata ikan karena tebal. Operasi adalah cara yang terakhir utamanya dengan bedah listrik atau bedah beku. Penggunaan pisau bedah konvensional sudah mulai ditinggalkan karena dapat membentuk jaringan ikat baru.

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kalau kutil gimana? saya sedang mencari obat luar yg namanya “collomack”, sekarang susah sekali nyarinya, ada info nggak?

  2. kalo ga salah collomack sudah tidak beredar lagi . . .
    mungkin bisa di kauter aja kutilnya klo sangat mengganggu

  3. atau mungkin ada obat lain yang sejenis? thx sebelumnya

  4. iya nih, dulu Colomax ampuh banget ya. Tapi sayangnya skr uda ga beredar lagi. Hmm…

  5. colomax udah nggak beredar, gantinya CALUSOL yg jenis dan penggunaannya sama


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: