Lebih dekat dengan Medical Check Up

October 21, 2009 at 6:50 am | Posted in Health | 3 Comments
Tags: , , ,

stethoscopeTiga hari terakhir di berbagai media massa dan elektronik sangat gencar diberitakan tentang pemilihan menteri sebagai pembantu presiden. Namun bukan hal tersebut  yang menarik buat saya melainkan dilakukannya tes kesehatan terhadap semua calon menteri tersebut. Apakah itu tes kesehatan atau yang lebih akrab kita dengar dengan istilah medical check up???

Medical check up (MCU) merupakan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk mendeteksi secara dini penyakit apa saja yang terdapat dalam tubuh. Dengan MCU diharapkan dapat mendeteksi penyakit sedini mungkin, mengatasinya secepat mungkin dan mencegah penyakit yang telah terdeteksi agar tidak berlanjut ke tingkat yang lebih parah.

Apa saja persiapannya?

Sebelum MCU ada beberapa hal yang harus disiapkan. Pertama, istirahat yang cukup dan hindari melakukan aktivitas yang berat 12 jam sebelum pemeriksaan.  Kedua, puasa selama 12 jam sebelum pengambilan sampel darah, urin, feces atau lainnya. Puasa tidak boleh makan dan minum apapun kecuali air putih. Ketiga, hentikan mengkonsumsi obat-obatan kecuali atas anjuran dokter.

Apa saja yang akan dilakukan?

Pertama akan dilakukan wawancara oleh dokter. Dokter akan menanyakan riwayat penyakit yang pernah diderita mulai bayi sampai saat ini baik yang ringan maupun yang berat. Selain itu juga akan ditanya mengenai  riwayat opname, operasi dan kecelakaan. Kebiasaan makan, merokok dan riwayat penyakit dalam keluarga juga ditanyakan.

Setelah itu dilakukan pemeriksaan fisik, mulai pengukuran berat badan dan tinggi badan lalu pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi dan suhu badan.  Dilanjutkan pemeriksaan dari kepala, mata, telinga, hidung, tenggorokan, leher, dada, perut dan keempat anggota gerak.

Pemeriksaan berikutnya adalah pemeriksaan laboratorium. Rumah sakit atau klinik yang melayani MCU biasanya sudah memiliki paket-paket pemeriksaan laboratorium yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.  Pemeriksaan yang lebih didahulukan adalah pemeriksaan darah rutin, urin rutin, feces rutin, kadar gula darah, fungsi hati, fungsi ginjal dan profil lemak.

Selain pemeriksaan laboratorium tersebut diatas, pemeriksaan penunjang lain yang lebih diutamakan adalah foto rontgen dada dan rekam jantung (elektrokardiografi).

Ada pemeriksaan tambahan lain untuk laki-laki yang berusia lebih dari 50 tahun adalah pemeriksaan colok dubur dan kadar PSA (prostate spesifik antigen) untuk mendeteksi kanker prostat. Sedangkan untuk wanita yang telah menikah dianjurkan melakukan pap smear untuk deteksi dini kanker leher rahim.

Manfaat

Dengan MCU yang rutin diharapkan mampu mendeteksi secara dini penyakit sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan atau pengobatan dini yang tentunya biayanya lebih murah dari pada pengobatan lanjut.

Banyak penyakit yang tidak menampakkan gejala maupun dengan keluahn maka dari itu segera lakukan MCU karena mencegah lebih murah daipada mengobati.

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kebanyakan orang melakukan Medical Check Up kalo udah terpaksa. Ayah saya tidak memberikan jawaban saat saya menyarankannya untuk melakukan MD. Takut nanti keliatan semua penyakitnya, katanya …

  2. thanks ea bro infonya

  3. Salam kenal…Betul tuh urain Bapak. oh ya pak kebeneran sy marketing di klinik untuk produk MCU…. Mungkin kita bisa kerjasama klw ada proyek utuk MCU karyawan//tinggal kirim Email aj. Trim’s


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: